Sabtu, 24 September 2011

Efek vitamin C dosis tinggi

Vitamin C dosis tinggi efeknya tidak selalu baik, karena kelebihan dari deposit sebanyak 6 gram akan di keluarkan melalui ginjal, Pada pemakaian jangka lama akan menyebabkan endapan sitrat pada sistem organo urinary tract dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Vitamin C dosis tinggi yang digunakan secara parenteral (tidak melalui saluran pencernaan) dapat menyebabkan aritmia jantung dan kerusakan ginjal berat. Kegagalan penggunaan kontrasepsi oral yang mengandung etinil estradiol juga dilaporkan akibat penggunaan dosis besar.

Efek lain adalah berkaitan dengan kanker, yaitu pada pemakain vitamin C dosis tinggi pada waktu yang lama (minimal 6 Minggu) maka akan merangsang terjadinya perubahan galur-galur DNA sel kita, sehingga dimungkinkan sel sel tubuh kita akan berprilaku menyimpang dan salah satunya menjadi sel metaplastik dan ini yang menjadi cikal bakal kanker tergantung pada DNA sel mana yang telah mengalami metaplastik tersebut.


Sekarang ini konsumsi Vitamin C dosis tinggi menjadi lifestyle orang-orang modern. Sebenarnya pemakaian dosis tinggi masih diperkenankan sepanjang tidak dilakukan dalam waktu yang lama seperti diatas, karena dosis tinggi dalam short time tersebut penting untuk meningkatkan cadangan/deposit yang mungkin turun sampai titik terendah menuju ke peaknya kembali -/+ 6000 mg. Tapi ini masih ada catatan bila tidak terdapat efek samping dari vitamin C tersebut terhadap organ lain, misalnya terhadap lambung, gastritis, ulkus peptikum, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar